Banner

Friday 17 February 2012


Diet Detox
http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/180311_145921248800445_134089983316905_269016_356560_a.jpg
Pengertian diet detox
Diet detox adalah diet dalam rangka membuang racun dari dalam tubuh atau biasa disebut sebagai detoxifikasi. Diet detox bervariasi tapi biasanya diawali dengan puasa makan nasi yang diikuti dengan ketat sayuran hijau atau mentah, jus buah, buah dan air. Selain itu diet detox menganjurkan menggunakan herbal tertentu dan suplemen lainnya untuk membersihkan usus dan mengosongkan usus. Kebanyakan diet detox berlangsung selama 7 – 10 hari.
Manfaat diet detox
Beberapa orang melaporkan merasa lebih fokus dan energik selama dan sesudah diet detox. Namun hal ini disebabkan karena keyakinan bahwa mereka melakukan diet detox untuk kesehatan dan baik untuk tubuh mereka. Ada sedikit bukti bahwa diet detox benar – benar mengeluarkan racun dari dalam tubuh mereka. Sebenarnya kebanyakan racun yang tertelan telah dikeluarkan secara efektif oleh organ ginjal dan hati melalui urin dan tinja.
Efek samping diet detox
Diet detox dapat menyebabkan kemungkinan efek samping, diantara lain dapat mengakibatkan :
  1. Dehidrasi (kekurangan cairan)
  2. Kelelahan
  3. Pusing
  4. Mual
Jika anda sedang mempertimbngkan untuk melakukan diet detox, maka mendapatkan pengawasan dari dokter anda sangat penting, dan ingat diet yang sehat adalah diet yang berdasarkan buah – buahan, biji – bijian dan sumber protein yang seimbang.

Detox diet umumnya sangat rendah kalori, sehingga Anda akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis dalam waktu singkat. Risikonya Anda akan kekurangan nutrisi karena jumlah kalori yang dikurangi terlalu dramatis. Wendy maupun Dympna Pearson, konsultan diet dan kepala Dieticians Working in Obesity Management, UK, mengatakan, “Kemungkinan besar diet ini juga sangat rendah kalsium karena hampir 50% kalsium didapatkan dari dairy product, yang dilarang dalam diet ini. Dan itu berbahaya bagi kesehatan tulang.” la pun yakin kalau tidak ada bukti yang mengatakan kalau suplemen herbal tertentu atau teh dapat mengeliminir racun dalam tubuh.

Tips melakukan diet detox
Detox atau detoxifikasi sebenarnya telah dilakukan oleh ginjal dan hati yang berperan dalam membuang racun yang ada di dalam tubuh kita. Oleh karena itu mengurangi makanan yang mengandung bahan kimia seperti zat pengawet (formalin), zat pewarna dan pemanis buatan membantu organ ginjal dan hati dalam membuang racun. Selain itu perubahan pola diet yang sehat seperti memperbanyak minum air minimal 8 gelas sehari, makan buah serta sayuran dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur membantu tubuh anda untuk melakukan detoxifikasi. Tak perlu membiarkan diri anda dalam kelaparan, karena diet ini bukanlah diet yang mengharuskan anda merasa lapar. Sebaiknya hindari diet detox yang ekstrim, dan lakukan diet ini secara perlahan-lahan. Kemungkinan juga Anda akan mengalami rasa sakit kepala, sakit perut, sembelit atau lelah saat tubuh mengeluarkan racun.

NYAMAN SEHARIAN TANPA BAU BADAN

Masalah bau badan sepintas terkesan sepele, tapi sebenarnya efeknya fatal untuk pergaulan dan karier. Siapa sih yang ingin jadi bahan pembicaraan karena ngetop soal……bau badanya yang tak sedap. Atau terhambat promosi di kantor hanya karena bau badan.  Karena itu masalah bau badan dan cara menghilangkan bau badan tak penah basi jika di bahas.

GARA-GARA BAKTERI
Bau badan biasanya identik dengan keringat.Uniknya,bukan keringatlah yang menyebabkan bau badan.Pasalnya,keringat tidak berbau.Bakteri yang tumbuh subur dalam keringatlah yang menimbulkan bau tak sedap itu.Tubuh mempunyai dua tipe kelenjar karingat,yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.Kelenjar ekrin ada di hampir seluruh bagian tubuh,terutama di telapak tangan,telapak kaki,dan ketiak.Sedangkan kelenjar apokrin banyak terdapat di ketiak dan area organ kelamin.Sebagian kecil terdapat di sekitar mulut,payudara,dan liang telinga bagian luar.

Saat suhu tubuh meningkat,sistim saraf akan mendorong kelenjar ekrin untuk mengeluarkan cairan alias keringat ke permukaan kulit.Fungsinya untuk menurunkan suhu tubuh.Nah,keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin tidak berbau.Bau hanya akan timbul bila terdapat bakteri di salah satu lapisan kulit(keratin).

Misalnya telapak kaki yang kotor dapat menyebabkan keringat dari kelenjar ekrin menjadi bau.Selain bakteri,makanan tertentu(bawang putih,kari dan alkohol),obat-obatan,dan penyakit metabolik(diabetes hipertensi)juga biasa memberi aroma tertentu pada keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin.

Meski demikian ,ada juga lho keringat yang dari sononya sudah berbau.Keringat yang seperti ini dihasilkan oleh kelenjar apokrin.Bau timbul karena ada suatu jenis bakteri yang terdapat pada kelenjar apokrin.Bakteri yang bertanggungjawab ini menghasilkan ammonia dan asam lemak ammonia dan asam lemak rantai pendek yang memicu timbulnya bau.Perlu diperhatikan juga,factor iklim yang panas seperti di Negara kita dan kebersihan kulit juga berperan menimbulkan bau.
Anda mungkin bertanya-tanya,seperti apakah yang disebut berkeringat secara normal?
Mau mengatasi  bau badan secara alami?
1.     Campur baking soda dengan jus lemon , lalu aplikasikan ke area ketiak yang kering dan sudah dibersihkan terlebih dahulu.
2.     Aplikasikan jus lemon ke area ketiak sesaat setelah mandi.
3.     Campur minyak esensial, misalnya lavender atau tea-tree dan sedikit air, lalu aplikasikan ke area ketiak.
4.     Bersihkan area ketiak dengan apple cider vinegar
5.     Balurkan minyak chamomile saat mandi untuk meluruhkan kulit mati.
6.     Minum jus tomat setiap pagi selama seminggu. Minggu berikutnya, minum jus apapun setiap hari
Latihan Otot untuk Mengecilkan Perut
oleh Kumpulan Tips Kesehatan dan Kecantikan pada pada 19hb Januari 2011 pukul 10.23 ptg
http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/165318_139927052733198_134089983316905_233390_2305854_a.jpg
Anda ingin mengecilkan perut? Cukup lakukan tiga macam latihan ini secara teratur dan dengan porsi yang cukup simak gerakan-gerakannya berikut ini.

"Saya wanita berusia 27 tahun. Ada hal yang membuat saya merasa tidak nyaman, yakni bentuk perut yang besar Kondisi ini mengurangi rasa percaya diri, apalagi jika melihat teman-teman sebaya dengan bentuk tubuh ideal: perut datar, pinggang langsing, dan dapat bergerak lincah.

Menurut teman-teman, bentuk perut saya bisa jadi kecil asalkan saya teratur berolahraga. Saya ingin mengikuti saran mereka, tetapi saya tidak mengerti olahraga apa yang harus dilakukan supaya perut datar, sehingga bisa memulihkan rasa percaya diri saya.

Tiga macam latihan

Berlatih olahraga secara teratur dan dengan takaran cukup, memang dapat mengecilkan perut. Namun, kegiatan itu harus pula disertai pengaturan pola makan dengan diet rendah lemak. Selain itu, pola tidur juga harus sehat. Tidurlah tujuh jam di malam hari.

Latihan olahraga terdiri dari tiga macam, yaitu:
- Latihan beban tiga kali per minggu, dilakukan pada hari yang tidak berurutan. Latihan ini terutama untuk badan bagian bawah dan kaki.
- Latihan kardiovaskular (jantung dan peredaran darah), dilakukan pada hari ketika tidak berlatih beban. Bentuk latihan: jalan, lari, bersepeda, dan mesin latihan untuk kardio.
- Latihan untuk perut, lakukan 2-3 kali dalam satu minggu sebelum berlatih beban.

Jangan lupa istirahat, tidak berlatih satu hari dalam seminggu. Selain itu, lakukan juga pemanasan setiap akan berlatih untuk mengurangi risiko terjadinya cedera.

Berikut ini adalah latihan untuk perut yang dapat Anda lakukan di rumah.

I. Gerakan Otot Perut Atas
1. Crunch Sambil Mengangkat Kaki

http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/168154_139927286066508_134089983316905_233392_1240512_a.jpg
A. Tidurlah telentang dengan kedua lutut dibengkokkan dan kedua tangan di belakang telinga. Naikkan kedua kaki beberapa centimeter dari lantai, dan tahanlah pada posisi itu.

B. Lakukan crunch ke atas, kemudian turunkan badan bagian atas kembali ke lantai, kedua kaki tetap terangkat selama melakukan gerakan. Lakukan gerakan ini sebanyak 12 kali ulangan.

2. Gerakan Lutut

http://photos-a.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/163172_139927516066485_134089983316905_233397_175733_a.jpg
A. Tidurlah telentang dengan kedua kaki diangkat ke atas langsung di atas pinggul, kedua lutut sedikit dibengkokkan.

B. Kedua lengan dinaikkan ke atas menunjuk ke arah jari-jari kaki, kepala dan leher dalam keadaan rileks. Gunakan perut bagian atas untuk menaikkan tulang iga ke arah pinggul, naikkan tulang belikat dari lantai dan raihlah ke arah jari kaki.

Tahan selama satu detik. Turunkan kedua bahu ke lantai dan ulangi gerakan ini sebanyak 12-15 kali.

II. Gerakan Otot Perut Bawah
1. Bengkokkan kaki, Naikkan Lutut

http://photos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/179275_139927752733128_134089983316905_233401_4648202_a.jpg
A. Tidurlah telentang dengan kepala dan leher rileks, kedua tangan di lantai dekat pantat. Kedua telapak kaki terletak datar di lantai.

B. Gunakan otot perut bagian bawah untuk menaikkan kedua lutut ke arah tulang rusuk, kemudian secara perlahan turunkan kedua kaki ke posisi awal. Setelah kedua kaki sedikit menyentuh lantai, ulangi gerakan ini sebanyak 12 kali.

\
2. Mengangkat kaki ke dalam

http://photos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/168935_139927979399772_134089983316905_233408_7773410_a.jpg
A. Tidurlah telentang, kedua lengan dekat dengan sisi badan, telapak tangan menghadap ke bawah, berada dekat dengan pantat. Tekankan bagian yang kecil dari pinggang pada lantai dan rentangkan kedua kaki ke bawah dengan tumit sekitar 5-10 cm di atas lantai.

B. Usahakan pinggang bawah terletak di lantai. Angkat kaki kiri ke arah dada, kaki kanan tetap tinggal di atas lantai. Tahan, kemudian luruskan kaki kiri ke posisi awal dan ulangi dengan kaki kanan. Usahakan agar perut tetap kencang selama melakukan latihan. Lakukan gerakan ini sebanyak 8-12 kali pada tiap sisi.

III. Gerakan Otot Perut Samping

1. Mengangkat Otot Perut Samping ke Atas

http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/179663_139928362733067_134089983316905_233416_1484407_a.jpg
A. Tidurlah miring dengan badan membentuk garis lurus. Bengkokkan dengan kedua lengan menyilang.

B. Usahakan agar kedua kaki secara bersama-sama diangkat dari lantai, sambil menaikkan siku atas ke arah pinggul. Daerah geraknya memang pendek, tetapi kita akan merasakan peregangan yang keras pada otot oblique (dinding perut samping).
Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali pada setiap sisi.

2. Gerakan Menebang Kayu
http://photos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/169044_139928642733039_134089983316905_233419_1059782_a.jpg
A. Berdirilah sambil membawa beban dengan kedua tangan berdekatan dengan telinga kanan.

http://photos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/167509_139928686066368_134089983316905_233420_2256260_a.jpg
B. Lenturkan otot perut dan putarlah badan ke kiri sambil merentangkan kedua lengan dan turunkan dambel ke arah luar dari lutut kiri. Angkatlah kembali dan selesaikan set tersebut.

Ulangi gerakan ini pada sisi tubuh yang lain. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 set pada tiap sisi.

3. Gerakan Jembatan dan Jembatan Miring

http://photos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/167913_139928872733016_134089983316905_233422_1384190_a.jpg
A. Mulailah dengan posisi push-up, tetapi dengan membengkokkan kedua siku dan tumpuan berat badan pada lengan bawah, tidak pada tangan. Badan membentuk garis lurus dari bahu sampai pergelangan kaki.

Tariklah otot perut ke dalam, bayangkan Anda coba menggerakkan dasar perut kembali ke punggung. Tahan selama 20 detik, bernapaslah teratur.

Kalau ingin meningkatkan daya tahan, lakukan satu set 60 detik. Lakukan gerakan ini sebanyak 1-2 kali ulangan.

http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/163191_139928926066344_134089983316905_233423_1892450_a.jpg
B. Tidurlah miring. Sanggalah beban dengan lengan depan dan bagian samping kaki. Badan membentuk garis lurus dari kepala sampai pergelangan kaki. Tariklah otot perut ke dalam, sejauh yang dapat Anda lakukan.

Tahan posisi ini selama 10-30 detik, dan bernapaslah teratur. Rileks, kalau dapat bertahan 30 detik, lakukan satu kali ulangan. Jika tidak mampu melakukannya, cobalah suatu kombinasi dari ulangan yang dapat dilakukan sampai 30 detik.

Ulangi pada sisi yang lain, sebanyak 1-2 kali pada setiap sisi.
3 Tips Pelangsingan Untuk Dijalankan Hari Ini
http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/164891_141506529241917_134089983316905_241857_1530825_a.jpg 
1. Urutkan makanan dari sayuran dan protein dulu. Kenyangkan dari sumbertersebut. Kalau sudah, barulah isi dengan karbohidrat komplekssecukupnya seperti nasi merah. Kalau sudah kenyang, karbohidrat kompleks tersebut bisa dilewatkan (tidak harus dikonsumsi pada meal tersebut).

2. Pastikan penyajian yang sehat yang sesedikit mungkin melibatkanminyak goreng, santan, mentega, margarin, gula pasir, dan tepung terigu.

3. Tentukan jam tidur dan jam bangun yang konsisten. Dengan tidurteratur, kita terhindar dari meal tambahan gara-gara bergadang. Kitajuga jadi terhindar dari bangun pagi yang telat yang berpotensimenghalangi kita mengonsumsi sarapan.
Selamat mencoba.

Mau Kurus, Tapi Tidak Mau Olahraga
Penulis : Ade Rai ( Profil Penulis )
 Rabu, 29-September-2010
"Saya ingin kurus, tapi enggak mau olahraga dan diet, bisa enggak?" Ungkapan tadi mungkin menjadi salah satu ungkapan yang paling populer. Tetapi kita semua menyadari bahwa hal tersebut tidak mungkin.

Solusi untuk menurunkan kelebihan lemak adalah dengan melakukan apa yang selama ini tidak Anda lakukan, dan hentikan kebiasaan buruk penyebab kegemukan yang selama ini tanpa Anda sadari sudah dilakukan secara konsisten. Yang membuat olahraga dan diet sulit karena kita belum terbiasa. Ia tidak akan sulit selamanya karena manusia adalah makhluk yang memiliki kemampuan luar biasa untuk beradaptasi.

Dari niat muncul usaha. Kalau niat tanpa usaha, itulah yang dinamakan mimpi belaka.

Harus bisa, jangan menyerah dan beralasan sebelum mencoba. Kalau mudah, semua orang sudah bisa. Justru itulah manfaatnya sulit, agar kita meraihnya dengan kepuasan dan kesadaran untuk tidak menyia-nyiakan apa yang telah diraih.

"Saya ingin masuk surga, tapi tidak mau menjalankan perintahNYa dan menghindari laranganNYa, bisa enggak?"


Bebaskan Diri dari Mindset yang Salah

Mindset yang salah seringkali muncul, tidak terkecuali dalam hidup sehat dan bugar.

"Saya sudah 40 tahun, apakah saya masih bisa kurus?"
"Badan saya dulu pernah bagus, tapi karena cedera jadi berhenti dan gemuk seperti sekarang."
"Saya takut olahraga, karena katanya kalau berhenti bisa tambah gemuk."
"Saya merokok untuk jaga berat badan jangan sampai gemuk."

Ungkapan di atas hanyalah beberapa contoh mindset yang salah tentang kebugaran. Dan mindset salah tersebut telah menjadi pembatas / penghalang yang begitu dominan, hingga banyak yang akhirnya tidak pernah memulai hidup sehat.
Padahal kalau kita berikan diri kita waktu untuk merenungkan sedikit lebih bijak, mindset salah tersebut tidak nyata, hanyalah karangan semu yang dibuat oleh pikiran kita. <span>Hidup ini penuh pilihan, dan adalah kebebasan kita untuk membuat pilihan. </span>
Memilihlah untuk menjadi TUAN bagi pikiran positif yang menggerak sukma daripada menjadi BUDAK bagi pikiran negatif yang membatasi hidup.



Lalu apa yang salah? Mungkin dari strategi menjalankan dietnya yang masih belum optimal, beberapa di antaranya adalah:

Diet 1 Jenis Makanan
Diet ini dipastikan membuat tubuh kita lemas, karena cita rasa dan suplai vitamin & mineral yang monoton. Tubuh manusia membutuhkan lebih dari 1 jenis makanan untuk bisa bertahan hidup secara sehat. Kalaupun terjadi penurunan, penurunan tersebut berasal dari penurunan bobot murni (otot, tulang, dan air) sementara bobot lemak kemungkinan besar tidak berubah sama sekali.
Merokok Sebagai Upaya Mencegah Gemuk
Kegemukan memang akan menimbulkan berbagai masalah, seperti jantung, stroke, kolesterol, dan diabetes. Namun, <span>mencegah kegemukan dengan merokok ibarat keluar dari mulut harimau masuk ke mulut buay</span>a, karena merokok sudah jelas mengakibatkan timbulnya 5 jenis kanker, serangan jantung, stroke, impotensi.

Mengurangi Frekuensi Makan
Adalah pendekatan yang cukup logis, tetapi kembali lagi kemungkinan besar tidak bertahan lama karena mengakibatkan berkurangnya asupan gizi, baik vitamin, mineral, maupun kalori dari nutrisi penting seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Di samping itu, mengurangi frekuensi makan justru akan mengakibatkan nafsu makan sulit dikendalikan.
Kuncinya adalah mengatur pola makan dengan gizi seimbang, sedikit tapi sering dengan jadwal yang teratur. Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan, sama pentingnya bagi kita untuk mengurangi konsumsi makanan yang merugikan kesehatan.

Solusi Mengatasi Kegemukan
Penulis : Ade Rai ( Profil Penulis )
Selasa, 02-November-2010

http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/179242_141506629241907_134089983316905_241858_7314399_a.jpg
Banyak yang mencari solusi untuk mengatasi kegemukan dengan produk-produk pelangsingan. Padahal kalau disikapi dengan bijak, solusi mengatasi kegemukan ada dari dalam diri sendiri.

Adalah diri sendiri yang membuat pertimbangan untuk mengutamakan kerja daripada meluangkan waktu 3x1 jam untuk olahraga, padahal kerja sudah 8 jam sehari atau 40 jam seminggu. Adalah diri sendiri yang memilih untuk mementingkan makan yang enak (tapi kurang sehat) dan kenyang ketimbang makan yang enak (tapi sehat) dan kenyang.

Berarti adalah diri sendiri jugalah yang memutuskan untuk bergerak menghentikan pola-pola destruktif tersebut, dan menggantinya dengan pola konstruktif yang baru. Adalah diri sendiri pulalah yang menjalankan, mengalami, dan memutuskan untuk bertahan dengan pola konstruktif yang baru hingga akhirnya menjadi kebiasaan. Dan adalah diri sendiri juga yang akan menderita dari pola lama atau menikmati manfaat dari pola baru.

Faktor luar yang bisa membantu hanyalah dorongan motivasi dan informasi yang membantu memperbarui mindset. Sisanya adalah tergantung diri kita sendiri.
Senam Kegel
http://photos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/168553_134700153255888_134089983316905_198591_6401066_a.jpg
Senam Kegel adalah senam yang bertujuan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul terutama otot pubococcygeal sehingga seorang wanita dapat memperkuat otot-otot saluran kemih (berguna saat proses persalinan agar tidak terjadi “ngompol”) dan otot-otot vagina (memuaskan suaminya saat berhubungan seksual).

Nama senam ini diambil dari penemunya Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an. Dokter Kegel seringkali melihat pasiennya yang sedang dalam proses persalinan sering tidak dapat menahan keluarnya air seni (ngompol). Timbullah inisiatifnya untuk menemukan exercise agar pasiennya tidak mengalami hal tersebut.

Dalam perkembangan selanjutnya senam ini selain dilakukan oleh wanita juga dilakukan oleh para pria. Pada pria kerja otot ini lebih mudah diamati dari luar dibanding wanita. Hal ini dapat dilihat dengan gerakan penis “naik-turun” dalam keadaan ereksi. Pria yang terlatih akan mendapatkan orgasme yang lebih intens, dapat mencegah ejakulasi dini dan memperpendek waktu untuk siap melakukan hubungan seks ulang.

Pada wanita kerja otot pubococcygeal dapat dirasakan berupa denyutan pada dinding vagina. Bila otot ini terlatih dan kuat , kontraksi otot vagina dapat dengan sengaja dilakukan saat berhubungan intim tanpa menunggu orgasme terlebih dahulu. Wanita dengan otot pubococcygeal terlatih lebih mudah mengalami perangsangan seksual (tidak frigid), lebih cepat “basah” untuk mengalami orgasme yang sering dan memuaskan bahkan dapat mencapai orgasme hanya dengan rangsangan pada G spot-nya.


Cara Berlatih Kegel:
Pemanasan. Kendurkan otot-otol perut, bokong dan paha atas se-rilek mungkin. Untuk memastikan otot-otot tersebut rilek, letakkan kedua tangan di atas perut. Jika perut tidak ikut bergerak ketika otot-otot dasar panggul (PC) dikontraksi, berarti gerakan Anda benar.
Kontraksi. Kontraksikan otot-otot PC Anda dengan menarik ke dalam dan keras sekitar vagina, anus dan saluran kencing (uretra) seperti menahan air seni. Tujuannya untuk menemukan letak otot PC. Untuk mudahnya dapat melakukan latihan berikut: Ketika Anda ingin buang air kecil, tahanlah aliran air seni, lalu lepaskan kembali. Lakukan beberapa kali sehingga bisa merasakan benar letak otot PC lersebut.
Ulangan. Setelah Anda mampu melakukan, mulailah berlatih sebanyak 10 kali ulangan. Setiap kali kontraksi, tahan selama tiga hitungan. Kemudian secara perlahan naikkan hitungan kontraksinya hingga Anda bisa menahan selama 10-15 hitungan, dengan istirahat selama 10 detik diantaranya. Jumlah optimum kira-kira 50-100 kali sepanjang hari, pagi, siang, sore dan malam.
Variasi. Lakukan variasi untuk menghindari kebosanan dengan munggabungkan latihan otot-otot PC dengan latihan pengencangan otot-otot lain di sekitarnya, yaitu otot-otot perut, paha atas, dan otot bokong, dalam posisi berdiri, duduk atau berbaring.
Catatan. Latihan Kegel dengan menahan air seni, disarankan hanya dilakukan pada saat awal berlatih. Gunanya untuk menemukan letak otot PC. Setelah itu sebaiknya jangan dilakukan lagi karena akan mengganggu pola kencing Anda. Sebaiknya berkonsultasi lebih dulu sebelum berlalih dan lakukan evaluasi dalam jangka waktu tertentu. (oleh dr. Iwan)
Senam Wajah
http://photos-f.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/228731_173364986051516_108520302535985_374008_7512737_a.jpg
Wajah kita semakin lama akan mengalami proses penuaan yang ditandai dengan munculnya kerutan-kerutan halus. Nah, nggak ada salahnya kalau kita melakukan pencegahan dengan melakukan senam wajah.

Yuk, ikuti step by step-nya!

Mengencangkan kulit pipi
Letakkan kedua tangan di kedua pipi kanan dan kiri, lalu usap perlahan dengan sedikit tekanan dan pijatan dari bawah ke atas. Setelah itu tepuk-tepuk wajah secara perlahan. Lakukan sebanyak 10 kali.

Mencegah kerutan di dahi
Tarik bagian bawah dahi ke atas dengan kedua tangan sampai hitungan ke sepuluh, setelah itu arahkan gerakan tangan ke samping dahi agar otot-otot dahi dapat tertarik.

Mencegah kerutan di sudut mata
Letakan jari tangan pada kedua ujung mata (pelipis). Lalu tarik dengan sedikit tekanan ke arah belakang dengan kedua tangan di mata kiri dan kanan. Lakukan sebanyak 10 kali.

Menghilangkan kerutan di bawah bibir
Gerakannya hampir sama dengan gerakan mengencangkan pipi, hanya saja dilakukan di bagian dagu. Lakukan sebanyak 10 kali.

Mengencangkan bibir
Agar otot bibir tetap kencang dan lentur, lakukan beberapa gerakan berikut :
  • Lakukan posisi bibir seperti dalam keadaan ingin mencium.
  • Gerakan bibir seperti sedang menyedot sedotan hingga pipi mengerut ke dalam.
  • Kembungkan mulut sehingga pipi menggembung agar otot di leher tertarik dan kerutan di leher hilang.
  • Posisikan bibir seperti sedang senyum. Karena menurut para ahli kecantikan, tersenyum dapat membuat 100 otot di wajah bergerak.
Cantik di Pagi Hari
oleh Kesehatan Wanita pada pada 14hb Mei 2011 pukul 9.08 ptg
http://photos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/227667_173371049384243_108520302535985_374044_3460572_a.jpg
Pepatah mengatakan, kecantikan alami seseorang bisa dilihat saat ia bangun tidur.

Yup, it’s true! Tapi, ini bukan cuma sekedar karena parasmu cantik lho. Kulit glowing dan wajah segar polos tanpa make up, itu yang bikin kamu cantik!

Ini cara mendapatkannya:
  1. Tidur cukup 7 jam sehari (lebih bagus lagi kalau beauty sleep ini dilakukan 8 jam sehari).
  2. Minum minimal 8 gelas sehari. Ini baik untuk ginjal dan kelembapan kulit.
  3. Olah raga teratur tiap hari. Nggak perlu ke gym kalau kamu nggak sempat. Cukup lakukan olah raga ringan seperti naik turun tangga, latihan angkat kaki dan tangan saat sedang nonton teve, sight seeing di mal atau sekedar membantu mama menyapu atau mengepel lantai. Gunanya, untuk membakar kalori, melancarkan peredaran darah untuk keindahan kulit dan mempermudah proses tidur saat tubuh sudah lelah.
  4. Sebelum tidur, kompres mata dengan potongan ketimun dingin atau kantung teh celup selama 10-15 menit untuk mengurangi “mata panda” dan kantung mata.
  5. Lanjutkan dengan mengoleskan moisturizer pada kulit wajah agar wajah tetap ternutrisi selama kamu tidur.
6.      Mata Cantik
7.      oleh Kesehatan Wanita pada pada 14hb Mei 2011 pukul 5.36 ptg
8.      http://photos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/230160_173371676050847_108520302535985_374050_3100095_a.jpg
9.      Pasti kamu pernah mengalami masalah mata, seperti seputar mata hitam, atau kantung mata yang sangat mengganggu. Nah, untuk menghindari terjadinya hal-hal tersebut, ikuti tip berikut!
10.   
11.  Lakukan beberapa tip di bawah ini, agar matamu tetap terlihat segar dan cantik.
12.  Bersihkan mata dari kosmetik sebelum tidur
13.  Sisa kosmetik akan menyumbat pori-pori. Untuk membersihkan bagian mata, sebaiknya gunakan pembersih khusus mata, karena mata memiliki bagian yang lebih sensitif dibandingkan bagian wajah lain. Setelah itu, oleskan krim mata yang akan membantu merawatnya pada malam hari.
14.   
15.  Minum air putih yang cukup
16.  Minimal delapan gelas per hari. Hal ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat mencegah timbulnya keriput pada mata.
17.   
18.  Konsumsi buah dan sayuran
19.  Kandungan mineral dan vitamin pada buah merupakan nutrisi yang berguna untuk kecantikan mata. Terutama, kandungan vitamin C pada buah atau sayur dapat membantu pembentukan kolagen yang menambah elastisitas mata.
20.   
21.  Lindungi mata dari sinar matahari
22.  Saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, gunakan tabir surya atau eye gel untuk untuk menyegarkan mata. Sebaiknya, gunakan kacamata yang dapat melindungi dari sinar ultraviolet, atau gunakan payung atau topi.
23.   
24.  Hindari mengucek mata
25.  Tangan kotor yang digunakan untuk mengucek mata, dapat menyebabkan iritasi pada mata.
26.   
27.  Kompres mata
28.  Kompres menggunakan potongan kentang atau mentimun selama 10 menit, untuk mengurangi lingkaran hitam. Untuk memperlancar peredaran darah, mata dapat dikompres menggunakan es batu dan diusapkan di sekeliling mata. Sebagai antiseptik, masukkan daun sirih pada air panas, dan biarkan uap air mengenai mata.
29.  Makanan Wajib Kaum Hawa
30.  oleh Kesehatan Wanita pada pada 14hb Mei 2011 pukul 10.22 pagi
31.  http://photos-a.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/225379_173318699389478_108520302535985_373801_2933238_a.jpg
32.  Maraknya pemberitaan dan iklan mengenai makanan sehat, sering menggiring kita untuk percaya bahwa makanan  tertentu lebih sehat ketimbang yang lain, ujar ahli nutrisi Elizabeth Somer, MS, RD, penulis buku Age-proof Your Body. Atau terkadang kita butuh kemasan atau label 'mahal' agar yakin makanan yang dikonsumsi benar-benar bermanfaat bagi kesehatan. Padahal pada kenyataannya itu semua hanyalah bahasa iklan.
33.   
34.  "Sebelum memastikan makan adalah sehat, kita harus membaca label secara keseluruhan, melihat bahan-bahan yang digunakan dan porsi yang kita makan," saran Tara Miller, MS, RD, ahli nutrisi dari NYU. Supaya tidak ribet, Ghiboo memberikan daftarnya untuk Anda! Berdasarkan masukan para ahli, ini dia enam makanan yang wajib dikonsumsi kaum hawa untuk tetap sehat dan kuat.
35.   
36.  1. Yogurt rendah lemak
37.  Porsi : 3-5 porsi / minggu.
38.  Produk olahan susu ini diyakini bisa menekan risiko kanker payudara, sindrom iritasi usus, dan gangguan sistem pencernaan yang sering menyerang wanita ketimbang pria. Nikmati satu cangkir yogurt saat sarapan, santap siang, atau sebagai camilan akan membantu kita mendekati angka rekomendai U.S Dietary Guidelines yang menyarankan kita mengonsumsi tiga porsi olahan susu rendah lemak setiap harinya. Yogurt juga kaya akan kalsium yang baik untuk tulang.
39.   
40.  Pilih: yogurt yang rendah lemak dengan Lactobacillus Acidophilus di dalamnya. Hindari memilih yang ada buahnya atau berasa, untuk hasil maksimal beli yogurt plain atau tanpa rasa.
41.   
42.  2. Ikan 'berlemak'
43.  Porsi : 2-3 porsi / minggu.
44.  Ikan 'berlemak' kaya akan asam lemak Omega-3, DHA, dan EPA. Ikan 'berlemak' ini tidak hanya memegang peran utama dalam menjaga kesehatan dari setiap membran sel di tubuh kita saja. Tapi membantu melindungi kita dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, depresi, nyeri persendian, beberapa penyakit yang berkaitan dengan peradangan, serta rheumatoid arthritis, kata Laurie Tansman, MS, RD, CDN, ahli nutrisi dari Mount Sinai Medical Center di New York.
45.   
46.  Pilih : Ikan seperti salmon, sarden dan makarel.
47.   
48.  3. Kacang-kacangan
49.  Porsi : 3-4 porsi / minggu.
50.  Tak hanya rendah lemak, kacang-kacangan juga sumber protein dan serat yang baik, plus bisa melindungi kita dari penyakit jantung serta kanker payudara. Kacang-kacangan memegang peranan dalam menjaga keseimbangan hormon pada wanita, jelas Susan Krause, MS, RD, seorang ahli nutrisi.
51.   
52.  Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer, para peneliti menemukan kacang-kacangan secara umum bisa menjadi tameng pencegah kanker payudara. Sedang studi lain yang dimasukkan dalam Archives of Internal Medicine, para dokter mendapatkan koneksi antara penurunan risiko penyakit kardiovaskular dengan banyaknya konsumsi polong-polongan. Kandungan isoflavon dalam kacang-kacangan bisa membantu wanita dalam mengatasi masalah hormon dan membantu melewati gejala PMS, perimenopause atau menopause. Jika kita sedang pada masa reproduktif, mengonsumsi kacang-kacangan bisa memberikan asupan asam folat yang stabil. Asam folat adalah nutrisi penting bagi kita yang akan dan sedang hamil.
53.   
54.  Pilih :  kacang polong, lentil, dan kacang tanah.
55.   
56.  4. Tomat
57.  Porsi : 3- 5 porsi / minggu.
58.  Likopen dalam tomat tidak hanya bisa mencegah kanker prostat, tapi juga melindungi wanita dari kanker payudara. Plus, antioksidan dalam tomat akan membantu wanita melawan penyakit jantung. Memasukkan tomat dalam piring harian kita juga akan menjaga keremajaan kulit dan melindungi kult dari sengatan sinar UV yang merusak.
59.   
60.  5. Vitamin D: Susu rendah lemak atau jus jeruk
61.  Porsi : setidaknya 400 IU / hari.
62.  Nutrisi ini penting untuk membantu tulang menyerap kalsium dari usus. Vitamin D membantu menekan risiko osteoporosis. Studi yang dilakukan oleh University of California San Diego menyatakan vitamin D bisa mencegah kanker payudara, usus, dan ovarium hingga 50%.
63.   
64.  Pilih : Ikan salmon, makarel, tuna, sarden, dan susu.
65.   
66.  6. Beri-berian
67.  Porsi : 3- 4 porsi / minggu.
68.  Beri-berian adalah juaranya anthocyan, zat anti-kanker yang bertugas memperbaiki sel-sel rusak. Asupan lezat ini juga kaya akan vitamin C dan asam folat, yang sangat diperlukan wanita saat masa-masa kehamilan. Antioksidan dalam beri-berian akan melindungi jantung dan menunda proses penuaan dari luar dan dalam. Sedangkan kandungan lutein akan melindungi organ pengelihatan.
69.   
70.  Pilih : Blueberry, strawberry, raspberry, dan cranberry
71.   
72.  Tidur Cantik
73.  oleh Kesehatan Wanita pada pada 13hb Mei 2011 pukul 10.50 ptg
74.  http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/225874_173369876051027_108520302535985_374038_5329415_a.jpg
75.  Posisi tidur terlentang ternyata lebih baik daripada tengkurap. Karena posisi tengkurap atau menyamping bisa menyebabkan pembentukan kerutan di wajah dan mata.
76.   
77.  Goresan atau garis yang membekas permanen pada kulit bisa timbul akibat posisi tidur yang salah. Akibatnya terbentuk kerutan pada wajah dan mata. Buat kamu yang terbiasa dengan posisi tidur ini (tengkurap atau menyamping) nggak perlu khawatir, coba ganti sarung bantal dengan bahan dari satin. Karena tekstur bahan satin yang halus dan selembut sutera bisa menghindari goresan yang terjadi pada kulit. Selain itu, pakai juga selimut agar kita lebih rileks dan suhu tubuh selalu hangat. Kondisi ini akan membuat tidur kita lebih nyenyak sehingga kerja hormon melatonin makin efektif bagi kulit.
78.   
79.  Selain posisi tidur, kita juga harus memperhatikan bantal yang kita gunakan. Usahakan posisi kepala yang lebih tinggi daripada jantung saat tidur. Tujuannya, agar ketika bangun, mata tidak terlihat bengkak. Karena posisi kepala yang sejajar dengan jantung saat tidur, akan membuat aliran darah mengumpul pada wajah.
80.   
81.  Yuk, mulai lakukan posisi tidur yang benar, agar kulit kita terlihat lebih cantik dan sehat di pagi harinya!
82.   
83.  Tips Bangun Pagi Segar
84.  http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/227683_173125889408759_108520302535985_372185_4712809_a.jpg
85.  Tunda bangun tidur nada 10 menit !!! Tetaplah di tempat tidur dan melakukan hal-hal dibawah ini ,  akan bisa mengurangi risiko terkena stroke :
86.   
87.  1. Pagi setelah bangun tidur, lakukan senam selama 10 menit di tempat tidur.  Ini berguna untuk memperkuat berbagai organ tubuh & mencegah penyakit pembuluh darah otak &  jantung.
88.   
89.  2. Sisir rambut dgn jari tangan selama 1 menit, mulai dr kening/jidat ke belakang sampai batas rambut belakang. Lakukan merata seluruh kepala. Ini dapat melancarkan peredaran darah dikepala, menambah volume darah diotak, dpt mencegah penyakit yg berhubungan dgn pembuluh darah otak & dapat membuat rambut menjadi hitam bercahaya.
90.   
91.  3. Pijat daun telinga selama 1 menit Lalu pijat ke-2 daun telinga, sampai terasa panas. Daun telinga mempunyai banyak acupoint yg mempengaruhi seluruh tubuh. Hal ini dpt melancarkan “qi meridian.” Khusus terhadap gejala telinga mendenging, mata kunang2 & mudah lupa mempunyai khasiat yang baik.
92.   
93.  4. Putar bola mata selama 1 menit, searah jarum jam &  sebaliknya. Ini dapat melatih otot mata & membuat mata menjadi terang.
94.   
95.  5. Lain-lain dimuka. Pijat hidung, gatuk-gatukkan gigi dapat menyehatkan gigi. Khususnya akar gigi. Putar-putar lidah akan membuat lidah tedak kaku & melatih kepekaannya.
96.   
97.  6. Usap pusar selama 1 menit. Usap melingkar pusar dgn ke-2 telapak bergantian, lingkaran agar lebar sampai kurang lebih 4 jari diatas dan dibawahnya. Akan berakibat positif bagi pencegahan stroke dan memperkuat qi.
98.   
99.  7. Kempiskan perut dan tahan dubur 1 menit. Dgn berulang kali mengempiskan perut dan mengangkat/menahan dubur, disamping dapat memperbaiki fungsi seksual, juga mencegah wasir dan kencing yang tidak tertahan.
100.                       
101.                      8. Pijat telapak kaki 1 menit. Gunakan tumit untuk memijat telapak kaki bergantian, membuat telapak terasa hangat, dpt menguatkan limpa lambung, menghidupkan meridian dan membuat tenang.
102.                       
103.                      9. Bolak balik kan badan 1 menit. Miring kanan kiri dgn perlahan-lahan, guna melenturkan otot pinggang dan otot tulang belakang.
104.                      TAPI JANGAN KETERUSAN TIDUR Lagi yaaaa....
SOLUSI ALAMI ATASI PROBLEM KECANTIKAN ANDA
oleh Kesehatan Wanita pada pada 11hb Mei 2011 pukul 6.18 ptg
http://photos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/217682_168275353227146_108520302535985_343557_2170168_a.jpg
Inilah kiat para ahli kecantikan mengatasi berbagai masalah kulit wajah dan rambut. Mudah, murah, cepat, dan terbukti manjur!
Cukup gunakan sedikit garam tanpa air untuk membersihkan rambut secara cepat. Inilah salah satu dari beberapa solusi alami pilihan para ahli untuk meningkatkan kecantikan rambut. Masih ada yang lain.
Berikut ini beberapa bahan alami lain yang bisa menjadi pilihan, masing-masing untuk mengatasi satu masalah. Dan Anda tidak perlu menjelajah jauh dari dapur untuk mengumpulkan dan meramunya. Inilah bahan-bahan yang bisa dengan mudah didapat di sekitar kita.

  • Bersihkan Kulit Dengan Yogurt
Menurut Loughran, yogurt dapat dimanfaatkan sebagai susu pembersih harian untuk jenis kulit normal atau berminyak. Lemak susu yang terdapat dalam yogurt bisa menghilangkan kotoran. Yogurt juga mengandung asam laktat yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Caranya, pijat wajah secara perlahan menggunakan 1 sendok makan yogurt. Diamkan sebentar, lalu bilas dengan air hangat, kemudian keringkan.

  • Haluskan Kulit Sensitif dengan Pisang
Menurut Janice Cox, seorang ahli perawatan kulit dari Medford, Ore, dan penulis Natural Beauty at Home (Owl Books, 2002), pisang diyakini memiliki vitamin A yang dapat menghaluskan kulit sensitif. Caranya, lumatkan separuh daging buah pisang, lalu oleskan pasta pisang tersebut untuk membersihkan kulit yang lembab. Biarkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, lalu tepuk-tepuk sampai kulit kering. Cara ini juga bisa diterapkan sebagai masker wajah. Lakukan seminggu sekali.

  • Bersihkan Rambut dengan Garam
Siapa bilang garam hanya berfungsi sebagai bumbu dapur? Nyatanya garam bisa juga dipakai untuk membersihkan rambut. Garam mampu melarutkan minyak dan kotoran pada rambut. Bersihkan rambut Anda yang kering dengan garam. Garam akan menyerap minyak, bakteri, dan kulit kepala.
Cox menyarankan cara penggunaan yang praktis, yaitu berdirilah di bawah pancuran air atau di luar ruangan, pijat kulit kepala sampai ke rambut dengan 1 sendok makan garam kasar (untuk rambut panjang, gunakan 2 sendok makan garam). Biarkan selama 15 menit. Untuk membersihkan garam dari rambut maupun kulit kepala, Anda bisa menggunakan sikat bulu alami yang kering, atau sekaligus membilasnya dengan air pancuran.

  • Atasi Bengkak Dengan Putih Telur
Putih telur mengandung astringent yang dapat mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi bengkak pada mata. Dalam kosentrasi tinggi, vitamin B pada putih telur mampu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan. Namun tetap pastikan bahwa telur-telur itu telah teruji dan bebas dari bakteri salmonella yang dapat menyebabkan infeksi, seperti yang dikatakan Annie Berthold-Bond dari Rhinebeck, New York, penulis Better Basics for the Home (Three Rivers Press, 1999).

Gunakan jari anda untuk mengoleskan 1/2 sendok teh putih telur mentah ke kulit yang sudah dibersihkan (hindari bagian mata). Biarkan sampai kering, sekitar 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

  • Perbaiki Kutikula dengan Minyak Gandum/Oats
Minyak yang berasal dari benih biji gandum ini mengandung vitamin B, vitamin E, asam lemak tak jenuh serta protein yang berkhasiat menyehatkan  kutikula kuku. Minyak ini dapat melembutkan, mengobati kutikula yang koyak dan keras. Untuk memperbaiki penampilan serta menyehatkan kutikula yang terkelupas. Gosoklah kuku dengan 1/4 sendok teh minyak gandum di atas kuku dan kutikula anda setiap malam.

  • Bersihkan Kulit Berminyak Dengan Madu
Madu mengandung zat antiseptik  dan antibakteri alami yang baik untuk membersihkan kulit berminyak dan bernoda secara mendalam. Caranya, setelah wajah dicuci bersih, pijat-pijat wajah menggunakan 1 atau 2 sendok makan madu hangat. Kemudian bilas dengan air hangat, lalu keringkan.

  • Lindungi Rambut dengan Minyak Rosemary
Minyak esensial rosemary (Rosmarinus Officinalis) mengandung zat seperti kapur barus, flavonoid dan resin yang mampu merangsang  sirkulasi darah di kulit kepala dan melindungi rambut.
Campurkan 5 tetes minyak esensial rosemary dengan satu cangkir air hangat ke dalam botol. Lalu aduk hingga rata. Gunakan campuran bahan tersebut sebagai kondisioner harian, setelah anda membersihkan rambut dengan shampo. sebelum dibilas, pijat-pijat secara lembut bagian kulit kepala dan rambut untuk memaksimalkan hasil. Perhatian, jangan gunakan ramuan ini jika anda memiliki tekanan darah tinggi

  • Hilangkan Noda dengan Strawberi
Strawberi mengandung asam salisilat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, serta membantu menyembuhkan noda pada kulit dan wajah. Tingginya kandungan vitamin C pada strawberi mampu membunuh bakteri yang mengiritasi noda. Gunakan strawberi seminggu sekali untuk mengelupas sel-sel kulit mati pada wajah. Caranya, lumatkan 5 sampai 7 buah strawberi. Lalu oleskan sedikit demi sedikit pasta ke wajah yang lembab sambil dipijat-pijat secara lembut. bilas dengan air hangat dan keringkan.

  • Cerahkan kuku dengan lemon
 “Air jeruk lemon bekerja seperti mild bleach untuk mengilapkan kuku. Caranya mudah sekali, belah dua jeruk lemon, masukkan kuku jari tangan ke dalam serat-serat jeruk lemon, lalu putar-putar jemari tangan sambil tekan agar airnya keluar,” kata Joni Loughran, seorang ahli kecantikan dari Petaluma, California, sekaligus penulis Natural Skin Care (North Atlantic Books, 1998). Lakukan selama 5 menit, setelah itu cuci bersih kuku jari dan keringkan. Oleskan pelembab pada setiap kuku agar kuku Anda menjadi lebih berkilau. Lakukanlah perawatan ini setiap seminggu sekali.

  • Lembabkan kulit kering dengan alpukat
Selain sebagai pelembab kuli yang kering, alpukat juga mengandung asam lemak yang dapat menjaga kelembaban kulit. Untuk membuat masker penyejuk kulit, Loughran mengajarkan dengan melumatkan setengah buah alpukat sampai lembut. Oleskan pasta alpukat tersebut pada wajah dan leher Anda dengan sapuan yang tipis. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit wajah sampai kering, lakukan 2-3 kali seminggu, sesuai kebutuhan.

  • Tunda Keribut dengan Pepaya
Pepaya mentah mengandung papain, sejenis enzim dan antioksidan layaknya vitamin C. Papain mampu memperbaiki kerusakan  sel akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan kembali pertumbuhan sel-sel baru.
Caranya: Lumatkan 2 sendok makan pepaya yang sudah dikupas. Lalu oleskan secara merata ke wajah. Biarkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat, lalu keringkan. Lakukan seminggu sekali.

  •  Hilangkan Ketombe dengan Cuka Apel
Asam hidroksi alfa dalam sari cuka apel mampu membunuh jamur dan bakteri yang menyebabkan ketombe. Tuangkan 1/2 cangkir cuka apel ke rambut (hindari daerah mata) setelah keramas dibersihkan dengan sampo. Sisir, lalu diamkan beberapa saat, bilas dengan air.
Saran, gunakan setiap hari hingga ketombe benar-benar hilang.

  • Harumkan Kaki dengan Baking Soda
Baking soda biasanya digunakan untuk campuran adonan roti atau bahan pembersih perabotan yang alami. Namun, ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk kecantikan. Baking soda merupakan bubuk alkalin (bersifat basa) lembut yang mampu menetralisir bau tak sedap pada kaki dengan mengembalikan tingkat pH alami kulit.
Caranya: Rendam kaki selama 10-15 menit dalam 2 liter air hangat yang sudah diberi 1/2 cangkir baking soda. Kemudian bilas kaki lalu keringkan. Setelah itu oleskan krem pelembab untuk menjaga kelembutan kaki anda. Lakukan seminggu sekali.

  • Dinginkan Kulit Tersengat Matahari dengan Gandum
Kandungan silikon dan mineral lainnya yang terdapat di dalam gandum akan membantu meringankan gatal dan radang pada kulit yang terbakar matahari.
Caranya: haluskan 2 sendok makan gandum (bukan instan) menggunakan blender sampai menjadi bubuk halus. Tuang bubuk gandum ke dalam mangkuk kecil dan campur dengan air air dingin secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan secara lembut  ke wajah dan leher. Biarkan selama 5 -10 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan.
Untuk seluruh tubuh, cox menyarankan, tuang 1/2 cangkir gandum yang telah menjadi bubuk halus ke dalam bak mandi. Rendam tubuh selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.


Cara Mengecilkan Betis
oleh Kesehatan Wanita pada pada 05hb Mei 2011 pukul 8.53 pagi
http://photos-c.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/208266_168321949889153_108520302535985_343746_8044500_a.jpg
Cara mengecilkan betis dicari wanita khususnya untuk menunjang tren rok mini dan celana pendek yang sedang populer. Ternyata, ada banyak penyebab betis menjadi besar yang bisa anda antisipasi:
  1. Genetik
  2. Sering berdiri dalam waktu yang lama, sehingga sirkulasi darah di pembuluh darah buruk dan toksin terakumulasi pada bagian bawah tubuh.
  3. Cara olahraga yang salah, membuat lemak melekat pada otot dan menjadi akumulasi lemak di kaki.
  4. Memakai sepatu yang tidak cocok untuk kaki
  5. Secara rutin melakukan kegiatan yang memaksa penggunaan berat bola kaki (bagian belakan kaki) Anda, termasuk berjalan dengan sepatu hak tinggi.
Lalu, bagaimana jika betis Anda sudah terlanjur besar?

Untuk perbaikan jangka super pendek dan hasil yang super cepat, Anda bisa memakai high heels agar kaki Anda terlihat memanjang.

Kebanyakan orang berpikir bahwa berjalan terlalu banyak dapat menyebabkan betis besar, sehingga mereka memutuskan untuk mengurangi itu. Bahkan, aerobik / latihan berjalan yaitu cardio, jogging, skipping atau naik sepeda, dll, adalah latihan yang terbaik untuk membentuk kaki, selama Anda lakukan peregangan selama minimal 15 menit setelah setiap latihan untuk mengembalikan fleksibilitas otot.

Kecantikan adalah milik semua wanita, tetapi tentunya membutuhkan kedisiplinan untuk bisa merubah bentuk tubuh. Maka, untuk perbaikan jangka panjang, langkah – langkah dibawah ini harus dilakukan dengan rutin sebelum Anda bisa melihat hasil yang Anda inginkan. Tetapi, jika anda bertahan dan bersabar, maka kaki indah akan menjadi milik Anda. Dengan cardio, peregangan, dibantu oleh pijat dengan jumlah yang tepat dan perubahan gaya hidup (seperti mengurangi frekuensi memakai sepatu hak tinggi, diet yang tepat, dll), Anda bisa mendapatkan kaki seksi dengan mudah

Langkah 1:
Latihan Cardio
Pilih jenis latihan cardio yang Anda inginkan, jogging, berenang, berlari, bersepeda, lompat tali, dll
Tinggi repetisi / latihan beban ringan
Lakukan gerakan menaikkan betis (dijelaskan dibawah ini) dengan posisi berdiri atau duduk sebelum setiap latihan cardio.
Gerakan menaikkan betis:
1. Berdiri dengan menjaga keseimbangan dengan bola kaki di tepi sebuah tangga atau benda lain yang 20 cm lebih tinggi dari tanah, Anda dapat meletakkan tangan Anda pada dinding untuk menyeimbangkan, dan tumit menggantung di udara.
2. Perlahan-lahan bangkitkan tumit dan jinjit sambil meremas, pada titik tertinggi, kemudian, dengan kecepatan yang sama turunkan tumit Anda sejauh mungkin.
3. Anda dapat memulai dengan melakukan minimal 2 set dengan 10 kali repetisi dan meningkatkan jumlah set dan repetisi ketika Anda sudah terbiasa.
Latihan repetisi ringan dengan beban berat cenderung untuk meningkatkan ukuran otot, sementara, latihan repetisi tinggi  dengan beban ringan , mengencangkan otot. Contohnya, 4 set dengan 15 sampai 25 repetisi berdiri atau duduk mengangkat betis hanya menggunakan berat badan. Lakukan dua kali atau lebih per minggu dan betis Anda akan mengencang dan menyusut.

Olahraga yang bisa Anda lakukan secara rutin agar mendapatkan betis ramping adalah:

Cardio
Cardio sangat bagus untuk menghilangkan lemak dan berita baiknya adalah Anda tidak akan pernah mendapatkan otot besar karenanya. Latihan cardio seperti berenang, berlari, bersepeda, lompat tali, dll yang dikombinasikan dengan diet serat tinggi / rendah asupan protein dapat memangkas kaki Anda. Anda bahkan dapat mengurangi ukuran otot dan mengambil satu inci atau lebih dari betis Anda. Cardio juga baik untuk kesehatan Anda.

Berjalan
Berjalan memperpanjang otot dan memberikan bentuk yang lebih baik untuk kaki Anda. Sangat mudah untuk dilakukan dan juga mengurangi risiko berbagai penyakit utama seperti penyakit jantung, diabetes, dll.

Dan ingat untuk melakukan peregangan betis, terutama sebelum dan sesudah latihan repetisi tinggi / beban ringan dan cardio, untuk mencegah keketatan dari otot, yang dapat menyebabkan cedera, menarik otot betis, dan membesarkan betis Anda.

Cara 2:
Peregangan
Menghadapi dinding dengan satu kaki di depan yang lain, kedua telapak tangannya ke dinding. Punggung kaki harus sekitar tiga meter dari dinding, kaki depan-tengah antara kaki punggung dan dinding. Menjaga kedua tumit di lantai. Tekuk lutut depan dan bersandar ke depan secara bertahap sampai Anda merasakan peregangan di betis belakang Anda. Tahan selama 10 sampai 30 detik, ganti kaki dan ulangi minimal 5 set.
Langkah-langkah tersebut diatas adalah untuk peregangan gastroc, ada juga peregangan soleus yang baik untuk betis Anda juga. Latihan peregangan lain yang bisa Anda lakukan secara rutin adalah:
Pilates dan Yoga
Latihan terprogram seperti pilates dan yoga yang melibatkan baik penguatan dan peregangan yang besar untuk memanjang dan memperpanjang otot sehingga memberikan postur lebih tinggi, yang berarti kaki lebih lama dan lebih ramping.

Cara 3:
Pijat Betis

1. Lembutkan akumulasi lemak: duduk dengan satu kaki ditekuk di depan dada sementara kaki lainnya twisted. Cobalah untuk rileks tubuh, pijat otot betis Anda dari pergelangan kaki ke arah lutut menggunakan telapak tangan.
2. Hapus sesak: menggosok bagian bawah kaki dengan dua tangan intens, uleni dari bawah ke atas.
3. Meningkatkan fleksibilitas: stroke up betis menggunakan telapak tengah kosong untuk mengurangi kelelahan dan menambahkan lebih fleksibel.

Cara 4:
Perubahan gaya hidup
Ubah gaya hidup Anda yaitu menjauhkan diri dari tumit tinggi atau sepatu yang tidak tepat, diet yang tepat: tinggi serat, rendah protein, dan diet rendah karbohidrat, menghindari berdiri untuk waktu yang lama atau berjalan di permukaan tidak rata, dll

Tips 10 Resep Langsing Alami Putri Keraton
oleh Kesehatan Wanita pada pada 04hb Mei 2011 pukul 8.52 ptg
http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/206794_168040423250639_108520302535985_341690_2078836_a.jpg
Anda sudah berganti-ganti metode pelangsingan / perampingan tubuh, tapi tak kunjung kelihatan hasilnya? Coba beberapa resep turun temurun yang digunakan para puteri keraton ini. Alami, sehat dan tentu saja aman, berikut ini resepnya:

1. Daun Jati Belanda.
Umumnya jamu galian singset yang telah dikenal di Indonesia, mengandung unsur daun ini. Menurut para ahli, daunnya mengandung zat alkaloids, damar dan zat samak. Nah, bagian dari daun jati belanda inilah yang dipakai untuk mengurangi pembentukan lemak, menguruskan dan merampingkan tubuh.  
Resep: Ambil 2 pucuk lembar daun jati belanda, cuci bersih dan potong-potong lecil. Lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas air. Setelah dingin, air tersebut disaring, lalu diminum 2-3 kali sehari. Agar rasanya lebih enak, boleh ditambahkan dengan gula secukupnya.

2. Daun Salam.
Selain untuk memasak, daun slam mengandung flavonoid dan tanin yang dapat digunakan untuk mengbati berbagai macam penyakit, antara lain: kolesterol tinggi, asam urat tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, maag dan diare.  
Resep: Pilih 5 atau 7 helai daun salam yang masih segar. Setelah dicuci bersih, masak dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian disarin, setelah dingin minum sebelum makan siang dan makan malam.

3. Jeruk Nipis.
Selain untuk memasak, banyak digunakan untuk obat, seperti batuk, sariawan dan flu. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C, potassium dan asam folat yang tinggi. Dengan rasa asam, jeruk nipis dapat melarutkan lemak. Resep: Peras satu buah jeruk nipis, lalu airnya dapat dicampur sedikit air putih. Lalu minum secara teratur atau sebelum Anda makan.

4. Buah Delima.
Ternyata buah delima tak hanya buahnya yang bisa dinikmati. Tanaman delima memiliki berbagai macam khasiat mulai dari akar sampai kulit kayu. Salah satunya daun delima, yang ternyata dapat melangsingkan tubuh.  
Resep: Ambil 2 lembar daun delima muda, cuci bersih dan tumbuk halus, remas-remas dan tambahkan air hangat kurang lebih 3 gelas, campur sedikit garam, lalu peras dan saring. Minumlah 2-3 kali sehari sebanyak setengah gelas, lakukan secara teratur.

5. Buah Nanas.
Nanas selain dikenal sebagai sumber vitamin C, juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit antara lain radang tenggorokan dan sembelit. Yang paling penting untuk kaum perempuan, nanas berguna mengatasi kegemukan!
Resep: Sediakan satu buah nanas yang tidak terlalu matang. Kupas lalu cuci sampai bersih. Potong kecil lalu jus atau parut, kemudian peras airnya. Minum air nanas sekaligus dan lakukan 2 kali sehari.

6. Daun Kemuning.
Khasiat kemuning sebagai obat untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Disamping itu, daunnya berguna mengatasi masalah kelebihan lemak pada tubuh.  
Resep: Ambil segenggam penuh daun kemuning, ditambahkan segenggam penuh daun mengkudu (Morido Citrifolia) dan setengah jari kelingking temugiring (Curcuma Heyneano). Semua bahan ditumbuk sampai halus, sambil ditambahkan 1 cangkir air lalu peras, dan diminum pagi hari sebelum sarapan.

7. Kunyit.
Selain sebagai bumbu dapur dan zat pewarna alami, kunyit juga dimanfaatkan sebgai obat tradisional. Kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri, berfungsi untuk pengobatan seperti: penyakit hepatitis, gangguan pencernaan, anti mikroba dan anti kolesterol.  
Resep: Ambil dua ruas kunyit, bersihkan, haluskan dan peras airnya. Lalu campur ke dalam air putih dan beri sedikit air asam. Minum secara teratur.

8. Wortel dan Mentimum.
Wortel dikenal mempunyai bnayak kandungan betakarotin. Sedangkan timun mempunyai kandungan air yang berlimpah. Uniknya, paduan ramuan keduanya ini ternyata juga mampu melangsingkan tubuh lho!  
Resep: Caranya ambil 2 atau 3 batang wortel dan 1 buah mentimum berukuran sedang lalu diparut dan diperas. Untuk memperkaya rasa dapat Anda bubuhi sari jeruk nipis. Jus ini diminum sedikitnya 2 kali sehari, sampai Anda memiliki berat yang sesuai.

9. Rimpang Bangle.
Bangle (Zingiber Purpereum Roxb) masih dalam kaluarga (family) dari tanaman jahe, namun dengan tampilan warna ungu. Bangle ini pun telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Salah satu khasiat bangle karena mengadung enzim Lipase, yang dapat meluruhkan dan menghambat penumpukan lemak pada tubuh.
Resep: Ambil 2 ruas rimpang bangle, cuci bersih dan rebus. Dinginkan lalu minum airnya. Bisa beri sedikit gula atau madu serta sedikit jeruk nipis, agar rasanya tidak menusuk hidung.

10. The Hijau.
The hijau juga telah lama dikenal sebagai salah satu pembakar lemak dan pengobatan tradisional. The hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.  
Resep: Seduh the hijau dengan air panas lalu dinginkan, dan minum. Sebaiknya diminum sebelum menyantap makanan. The hijau akan membantu menahan asupan lemak. Atau, bisa juga minum the hijau sebelum Anda latihan olahraga, ini pun akan membantu membongkar lemak di bawah kulit lebih cepat.

Senam Kegel Yang Banyak Manfaatnya
oleh Kesehatan Wanita pada pada 27hb April 2011 pukul 2.50 ptg
http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/216585_168271083227573_108520302535985_343530_121161_a.jpg
Senam kegel adalah senam untuk menguatkan otot panggul yang ditemukan oleh Dr. Kegel. Otot panggul atau otot PC (PuboCoccygeal Muscle) adalah otot yang melekat pada tulang-tulang panggul seperti ayunan dan berperan menggerakkan organ-organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus. Bila Anda menahan dan melepaskan air seni, berarti Anda sedang menggerakkan otot panggul. Cara lain untuk mengetahui otot panggul adalah dengan memasukkan jari Anda yang bersih ke dalam vagina, lalu menekannya. Otot-otot yang ‘mencengkeram’ jari Anda itu adalah otot panggul.

Manfaat Senam Kegel
Kehamilan, persalinan, kegemukan dan batuk berat dapat menjadi beban bagi otot panggul. Bila dasar otot panggul melemah, organ-organ panggul wanita akan melorot dan menonjol keluar lewat vagina. Kondisi tersebut dinamakan prolapsis uterus atau vagina yang seringkali membuat wanita kencing dan buang air tanpa sengaja (Jawa: pecirit). Senam kegel yang teratur dapat mencegah hal tersebut. Selain itu, senam kegel juga bermanfaat untuk:
  • Memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir (tanpa atau sedikit ‘jahitan’)
  • Meningkatkan kepuasan seksual (karena lebih kuatnya ‘daya cengkeram’ vagina)
  • Mencegah ambein/wasir
  • Mencegah ‘ngompol kecil’ saat bersin dan batuk
  • Cara Melakukan Senam Kegel
Mulailah dengan mengencangkan otot panggul Anda selama lima detik, kendurkan lima detik, lalu kencangkan lagi. Lakukan 10 kali berturut-turut, tiga kali sehari. Anda bisa melakukannya sambil bekerja di kantor, menonton TV atau membaca majalah. Fokuskan pada bagian otot panggul di sekitar vagina dan anus saja, jangan sampai otot perut, paha atau pantat ikut tertarik. Bernafaslah seperti biasa, jangan menahan nafas.

Bila Anda sudah terbiasa dengan latihan di atas, lakukan pengencangan dan pengendoran otot panggul secepat mungkin 10 sampai 20 kali berturut-turut. Ulangi sampai 10 kali sehari. Anda bisa juga mencoba ‘teknik elevator’. Kencangkan otot panggul, lalu secara bertahap lepaskan seperti lift yang turun dari lantai empat dan berhenti di setiap lantai. Ulangi sampai 10 kali sehari.

Bila Anda melakukan senam kegel secara teratur, dalam waktu 8 hingga 12 minggu Anda sudah dapat merasakan manfaatnya. Lakukanlah sepanjang hidup Anda, tidak sebatas pada saat hamil. Bila rajin melakukan senam kegel sejak muda, maka di saat tua otot panggul Anda tetap kuat. Anda akan terhindar dari mengompol, sulit menahan kencing dan masalah lainnya yang sering dialami para lansia.

Tips 10 Resep Langsing Alami Putri Keraton

http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/206794_168040423250639_108520302535985_341690_2078836_a.jpg
Anda sudah berganti-ganti metode pelangsingan / perampingan tubuh, tapi tak kunjung kelihatan hasilnya? Coba beberapa resep turun temurun yang digunakan para puteri keraton ini. Alami, sehat dan tentu saja aman, berikut ini resepnya:

1. Daun Jati Belanda.
Umumnya jamu galian singset yang telah dikenal di Indonesia, mengandung unsur daun ini. Menurut para ahli, daunnya mengandung zat alkaloids, damar dan zat samak. Nah, bagian dari daun jati belanda inilah yang dipakai untuk mengurangi pembentukan lemak, menguruskan dan merampingkan tubuh.  
Resep: Ambil 2 pucuk lembar daun jati belanda, cuci bersih dan potong-potong lecil. Lalu direbus dengan air bersih sebanyak 3 gelas air. Setelah dingin, air tersebut disaring, lalu diminum 2-3 kali sehari. Agar rasanya lebih enak, boleh ditambahkan dengan gula secukupnya.

2. Daun Salam.
Selain untuk memasak, daun slam mengandung flavonoid dan tanin yang dapat digunakan untuk mengbati berbagai macam penyakit, antara lain: kolesterol tinggi, asam urat tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, maag dan diare.  
Resep: Pilih 5 atau 7 helai daun salam yang masih segar. Setelah dicuci bersih, masak dengan air secukupnya sampai mendidih. Kemudian disarin, setelah dingin minum sebelum makan siang dan makan malam.

3. Jeruk Nipis.
Selain untuk memasak, banyak digunakan untuk obat, seperti batuk, sariawan dan flu. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C, potassium dan asam folat yang tinggi. Dengan rasa asam, jeruk nipis dapat melarutkan lemak. Resep: Peras satu buah jeruk nipis, lalu airnya dapat dicampur sedikit air putih. Lalu minum secara teratur atau sebelum Anda makan.

4. Buah Delima.
Ternyata buah delima tak hanya buahnya yang bisa dinikmati. Tanaman delima memiliki berbagai macam khasiat mulai dari akar sampai kulit kayu. Salah satunya daun delima, yang ternyata dapat melangsingkan tubuh.  
Resep: Ambil 2 lembar daun delima muda, cuci bersih dan tumbuk halus, remas-remas dan tambahkan air hangat kurang lebih 3 gelas, campur sedikit garam, lalu peras dan saring. Minumlah 2-3 kali sehari sebanyak setengah gelas, lakukan secara teratur.

5. Buah Nanas.
Nanas selain dikenal sebagai sumber vitamin C, juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit antara lain radang tenggorokan dan sembelit. Yang paling penting untuk kaum perempuan, nanas berguna mengatasi kegemukan!
Resep: Sediakan satu buah nanas yang tidak terlalu matang. Kupas lalu cuci sampai bersih. Potong kecil lalu jus atau parut, kemudian peras airnya. Minum air nanas sekaligus dan lakukan 2 kali sehari.

6. Daun Kemuning.
Khasiat kemuning sebagai obat untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Disamping itu, daunnya berguna mengatasi masalah kelebihan lemak pada tubuh.  
Resep: Ambil segenggam penuh daun kemuning, ditambahkan segenggam penuh daun mengkudu (Morido Citrifolia) dan setengah jari kelingking temugiring (Curcuma Heyneano). Semua bahan ditumbuk sampai halus, sambil ditambahkan 1 cangkir air lalu peras, dan diminum pagi hari sebelum sarapan.

7. Kunyit.
Selain sebagai bumbu dapur dan zat pewarna alami, kunyit juga dimanfaatkan sebgai obat tradisional. Kandungan utama kurkumin dan minyak atsiri, berfungsi untuk pengobatan seperti: penyakit hepatitis, gangguan pencernaan, anti mikroba dan anti kolesterol.  
Resep: Ambil dua ruas kunyit, bersihkan, haluskan dan peras airnya. Lalu campur ke dalam air putih dan beri sedikit air asam. Minum secara teratur.

8. Wortel dan Mentimum.
Wortel dikenal mempunyai bnayak kandungan betakarotin. Sedangkan timun mempunyai kandungan air yang berlimpah. Uniknya, paduan ramuan keduanya ini ternyata juga mampu melangsingkan tubuh lho!  
Resep: Caranya ambil 2 atau 3 batang wortel dan 1 buah mentimum berukuran sedang lalu diparut dan diperas. Untuk memperkaya rasa dapat Anda bubuhi sari jeruk nipis. Jus ini diminum sedikitnya 2 kali sehari, sampai Anda memiliki berat yang sesuai.

9. Rimpang Bangle.
Bangle (Zingiber Purpereum Roxb) masih dalam kaluarga (family) dari tanaman jahe, namun dengan tampilan warna ungu. Bangle ini pun telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Salah satu khasiat bangle karena mengadung enzim Lipase, yang dapat meluruhkan dan menghambat penumpukan lemak pada tubuh.
Resep: Ambil 2 ruas rimpang bangle, cuci bersih dan rebus. Dinginkan lalu minum airnya. Bisa beri sedikit gula atau madu serta sedikit jeruk nipis, agar rasanya tidak menusuk hidung.

10. The Hijau.
The hijau juga telah lama dikenal sebagai salah satu pembakar lemak dan pengobatan tradisional. The hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.  
Resep: Seduh the hijau dengan air panas lalu dinginkan, dan minum. Sebaiknya diminum sebelum menyantap makanan. The hijau akan membantu menahan asupan lemak. Atau, bisa juga minum the hijau sebelum Anda latihan olahraga, ini pun akan membantu membongkar lemak di bawah kulit lebih cepat.


No comments:

Post a Comment